Monday, January 25, 2010

Day 1 - Pilanesberg National Park, South Africa (23-24 Jan 2010)


Setelah bekerja dan networking pagi sampai malam selama hari kerja, saat weekend saya dan teman-teman berangkat ke Pilanesberg untuk melakukan African Safari.
Perjalanan ke Pilanesberg memakan waktu tiga jam dengan kecepatan 100 km/jam. Di perjalanan kami sempatkan stop di Chameleon Center untuk membeli souvenir dan kerajinan Afrika dan juga makan siang.

Di Afsel (Afrika Selatan), ada beberapa golongan binatang yang paling diinginkan untuk dilihat. Yang paling popular adalah the Big 5: Badak, Gajah, Banteng Hutan, Singa dan Leoprad. Mereka adalah binatang yang paling berbahaya. Ada lagi Magnificent Seven, yaitu the Big Five ditambah Kuda Nil dan Cheetah. Selain itu masih ada Ugly Five (Kasihan ya ….) yaitu Hyenna, babon, buaya, baby hutan dan satu lagi yang saya lupa namanya.

Karena kami berencana melakukan Safari sore hari (Includes Night Safari) dan Safari pagi hari, maka kami menginap di Ivory Tree Lodge yang berada di area Pilanesberg. Lodge ini berbentuk rumah tradisional penduduk asli Afrika, tapi tentu bagian dalamnya sudah dimodernkan. Yang asyk, kamar mandinya tidak pakai atap, jadi kita bisa melihat pegunungan, bahkan binatang disana saat mandi.

Safari nya bagaimana? Seperti halnya orang Makasar bilang ikan bakar di daerah lain tidak ada apa-apanya dibanding yang ada di daerah Sulawesi Selatan, orang Afrika memang fair bila bilang taman safari atau kebun binatang di negara lain tidak ada apa-apanya. Karena tidak ada kebun mana pun yang bisa menyamai pemandangan binatang hidup liar dan bebas di habitat aslinya seperti yang ada di Afrika.



Itulah yang saya dapati. Jam lima sore kami naik mobil safari. Sempat takut juga, karena mobil safari nya berupa Toyota Landcruiser Pick Up yang dimodifikasi menjadi ten seater (10 penumpang). Selain itu bagian sisi mobil hanya dibatasi setinggi setengah meter dari badan mobil. Bagaimana kalo ada singa yang loncat??? Tapi saya nekat duduk paling samping, kapan lagi bisa bebas melihat pegunungan dan binatang kalau tidak sekarang?

Binatang yang pertama kami temukan adalah badak, lalu kuda zebra, jerapah dan sekelompok gajah yang sedang minum di sisi danau. Hingga matahari terbenam, kami belum juga menemukan SInga atau Leopard, padahal ini yang ingin sekali saya lihat.

Namun tidak lama, guide kami yang bernama Paul, mendapat informasi radio tentang keberadaan singa betina. Mobil kami langsung berputar dan menemukan singa tersebut. Tidak lama kami juga menemukan dua ekor singa jantan. Mobil kami mengikuti kedua singa tersebut hingga mereka menghilang kegelapan malam.

Setelah berhasil melihat tiga dari lima anggota Big Five, Paul info bahwa kami harus ‘Ferrari Safari’ ke Lodge, dengan kata lain harus ngebut karena makan malam sudah tiba. Yes, waktu itu sudah jam delapan lewat!

No comments:

Post a Comment