Thursday, December 24, 2009

Makassar (22-25 Desember 2009) - Day 3

Hari ketiga di Makassar, hari untuk belajar budaya dan sejarah Sulawesi Selatan.

Tujuan pertama kami adalah ke Fort Roterdam atau Benteng Ujung Pandang. Sesampai disana kami diantar oleh Tour Guide. Info pertama mengenai Benteng ini, dibangun sejak tahun 1500an namun dikuasai Belanda sejak 1600an. benteng terdiri dari kantor walikota belanda, gereja, penjara dan 'bestion' yang dipakai untuk memanta kedatangan musuh dari empat penjuru benteng.

Pertama kami ke musium yang terletak dalam benteng. Tour Guide menjelaskan Sulawesi selatan dari sisi geografis, budaya dan juga sejarahnya. Saya jadi tahu apa itu 'budaya siri', kenapa orang Makassar sangat ekpresif dan informasi lain yang sebelumnya saya tidak tahu. Dari musium baru kami mengitari bagian lain seperti kantor walikota dan penjara. Kami juga mendatangi penjara Pangeran Dipenegoro, namun karena hari itu hari libur jadi nya penjara tersebut dikundi. Saya hanya bisa mengitnip ke dalam lewat jendela.

Benteng Ujung Pandang dipelihara dengan baik, namun pengunjung nya masih banyak yang buang sampai sembarangan. Sayang sekali. Terlepas dari ini semua, pada kunjungan ini puteri saya bisa belajar langsung tentang perang di Makassar melawan Belanda.

Dari Fort Roterdam kami pergi ke Gowa untuk mengujungi Istana Raja Gowa yang sekarang dijadikan sebagai Museum Balla Lompoa. Dalam musium ini di tampilkan silsilah raja Gowa, ornamen ornamen kerajaan dan yang paling special hari itu saya diperbolehkan melihat mahkota raja yang disimpan di ruangan terkunci. Senangnya dipercaya untuk melihat mahkota emas bertahta permata itu. Mudahan tetap terjaga terus.
Dari Gowa kami makan siang di Mall Panakukkang. Mall nya besar dan ramai sekali. Saat itu kami makan siang jam setengah tiga sore, tapi semua restoran di mall itu penuh pengunjung. Berarti orang Makassar memang benar suka makan :)

Malam kami dinner di restoran Ballarate di hotel Pantai Gapura. Suasana resto di sisi laut, sunset yang indah di horizon mengakhiri jalan-jalan kami di Makassar. Lain wakuu kami akan ke sini lagi, masih ada pulau-pulau yang belum di kunjungi .....

Jalan-jalan yang sangat berkesan.