Saturday, December 12, 2009

Tiga Hari di Hongkong (Maret 2009) - Day 1

Bulan Maret 2009 saya pergi ke Hongkong bersama dua anak saya, Lulu dan Lilo, dan adik saya Helga. Disneyland tetap menjadi tujuan utama kami. Saya ingin membawa Lilo yang saat itu baru empat tahun ke sana sebelum dia sadar kalau Mickey Mouse, Donald Duck, Snow White dan semua tokoh ini hanya fantasi belaka. Saya masih ingat waktu membawa Lulu beberapa tahun sebelumnya. Melihat Lulu berpelukan, tersenyum dan berloncat-loncat saat memandangi Gooffy atau berfoto dengan Cinderella. Rasanya pengalaman yang tidak terhitung harganya. Kalau terburu besar, pengalaman seperti ini tidak mungkin kita dapatkan.

Tapi tentunya Hongkong bukan hanya Disneyland, banyak juga tempat menarik yang pantas dikunjungi. Sarana transportasi di sana juga teratur sehingga wisatawan bisa dengan mudah pergi dari satu tempat ke tempat lainnya tanpa takut tersesat. Jadinya, kami menghabiskan waktu disana selama tiga hari.

Perjalanan kami ke Hongkong cukup panjang. Dari tambang kami terbang ke Balikpapan selama satu jam, lalu naik Garuda selama dua jam ke Jakarta. Dari Jakarta naik Air Asia ke Kuala Lumpur. Di Kuala Lumpur, saya dan dua anak saya menunggu adik yang mendarat dari Bandung. Kami singgah di Kuala Lumpur dua malam, setelah itu kami terbang ke Hongkong.

Di Hongkong kami menyewa kamar lengkap dengan kamar mandi yang muat untuk kami berempat. Kamar sederhana ini merupakan bagian dari apartement yang dimiliki oleh seorang warga Indonesia dan berada di area Causeway Bay, area yang dipenuhi shopping Centre yang lengkap dengan stasiun kereta bawah tanah (mereka menyebut nya MTR). Easy access dan murah! Selain itu, Pak Wong, si pemilik apartment, juga meminjamkan kami tiket isi ulang untuk MTR, jadi kami hanya perlu mengisi 'pulsa' nya saja.

Day 1 - Hongkong Disneyland

Jam 9 pagi kami berangkat dengan MTR dan hanya ganti kereta dua kali, Central dan Sunny Bay station untuk sampai di Disneyland. Dari Sunny Bay naik kereta khusus yang membawa ke Theme Park yang terkenal ini. Kereta terakhir ini adalah kereta khusus untuk pengunjung, jendelanya berbentuk mickey mouse dan di setiap gerbong ada display patung perunggu tokoh-tokoh Disney.

Disneyland nya sendiri? Tiket masuk per orang sekitar 550,000 rupiah dengan rate saat itu. Didalam kita tidak perlu bayar lagi untuk masuk atau main di berbagai wahana, jadi bisa sepuasnya. Makanan dilarang bawa dari luar, harus beli disana. Harga makanan dan suvenir agak mahal, tapi worthwhile karena barangnya bagus dan restorannya di design dengan berbagai tema.

Kompleks nya dibagi dalam empat tema; Fantasy Land dimana kita bisa bertemu Cinderella, Winnie the Pooh dan lainnya; Tommorow Land tempat Stich, Buzz Lightyear dan tema mereka; Adventure Land yang dilengkapi dengan rumah pohonnya Tarzan; dan Mainstreet USA tempat tokoh utama Disney seperti Donald dan Daisy Duck. Karena kompleks nya besar sekali, biasanya kita tidak bisa mencoba semuanya dan antrian panjang saat liburan.

Dijamin, saat melewati gate masuk, Anda langsung merasa dalam dunia mimpi. At least I feel that way. Dari kecil saya sudah kenal dengan Mickey Mouse, Snow White dan teman-temannya. Film bioskop pertama yang saya tonton adalah Sleeping Beauty produksi Disney. Jadi jangan heran kalau saya juga menikmati Disneyland. Saya yakin Anda akan merasa hal yang sama saat disana.

Bulan Maret bukan peak season, jadi anak-anak bisa bermain sepuasnya tanpa perlu mengantri panjang. Kami berfoto dengan Cinderella (Yang kebetulan diperankan oleh gadis asia), dengan Snow White yang cantik sekali, dengan Mickey Mouse; dan Lilo bahkan dua kali berfoto dengan idolanya Gooffy. Lilo percaya bahwa itu Goofy yang dia lihat di TV selama ini! Kami juga menonton pentas drama musical Golden Mickey dan Lion King. Adik saya senang sekali karena ada pemerannya ganteng dan kekar :)

Kami makan siang di area Adventure Land. Yang menarik adalah, musik yang dimainkan di restoran adalah musik angklung! Well, berarti musik kita sudah mendunia (Asal jangan di klaim lagi ama tetangga ya!). Jam 3 sore ada Disney Parade yang dimulai dari area belakang Fantasy Land dan berakhir di Main Street USA.

Sekitar jam 8 malam, seperti biasa ada pertujukan kembang api di Istana Sleeping Beauty diiringi berbagai musik Disney misalnya 'The whole new world' nya Alladin. Buka deh website nya untuk informasi lengkap. Yang pasti, saat meninggalkan kesannya unforgetable, magical dan semua kata-kata bagus akan keluar. Hari itu kami meninggalkan Disneyland bersama ribuan pengunjung setelah pertunjukan kembang api.

Day 2 & Day 3 (Please see next posting).